Senang - senang saat eksplorasi 2019

SENANG - SENANG SAAT EKSPLORASI 2019

Keberangkatan

Saya sudah berusaha mengerjakan semua tantangan yang disiapkan oleh mentor - mentor,

Minggu, 10 November 2019 adalah hari yang sudah saya tunggu - tunggu dan akhirnya tiba, hore !

Jam 18:58 Aku, ayah dan ibu sudah sampai di stasiun Pasar Senen. Dari jendela mobil saya bisa melihat teman temanku, muka - muka mereka kelihatan gugup dan gembira, sama seperti saya.
sambil nunggu keretanya datang kita ngobrol dan main.

Jam 21:00  saatnya saya mengucapkan selamat tinggal kepada orangtua saya, rumah saya , tempat tidur saya dan terutama ipad saya! tidaaaaak-

Kita akan naik kereta selama 8 jam tanpa gadget, jadi bagaimana kita menghibur diri kita sendiri? Apa yang kita lakukan selain tidur? baik saya beritahu anda yang sedang baca ini.. kami memainkan kartu uno dan kami gambar, ngobrol , gosip , bernyanyi dan ya itu saja sih..

Esoknya jam 04:40 pagi kami sampai di stasiun Tasikmalaya , lalu kami sholat subuh di masjid terdekat stasiun.
Setelah itu kami naik mobil bak untuk menuju lokasi, sangat seru!  anginnya segar dan membuat badan lemasku terbangun, ini pengalaman yang ingin sekali ku ceritakan pada ayah dan ibu.

Di tengah perjalanan kami juga sempat berhenti di Alun - Alun lalu kami main benteng , sepak bola dan benteng :)

Jam 09:00 pagi, akhirnya kami sampai di desa Sukajadi, kami sarapan nasi kuning, lalu orientasi bersama
Pak Cece Armudini ( Kepala Desa Sukajadi )

Jam 10:00 kami keliling - keliling desa Sukajadi sambil bikin peta desa Sukajadi. setelahnya kami pulang dan langsung sholat Zhuhur.

Jam 13:15 kami lepasin ikan ke kolam dari baskom.. tapi saya terlalu takut menyentuh ikannya jadi  Saya doang yang tidak lepasin ikan, soalnya mereka itu kelihatan lengket dan.. ya gitu

Jam 14:00 setelah kami lepasin ikan , mentor - mentor  mengajak kita bilas badan ke dam, tapi ternyata perjalanan ke damnya itu sangat jaaaaauh! Jalanannya sangat curam, saat kami sampai di damnya laki - laki lompat dari jembatan yang sangaaat tinggi. Saya juga sempat lompat 2 kali, rasanya senang tapi beberapa hari kemudian punggungku agak sakit..

16:52 kita pulang ke Desa Sukajadi, lalu kita mandi dan makan malam setelahnya kami menuju rumah inang masing masing ( tim kami rumahnya di rumah Pak Jaka ) setelah kami perkenalkan diri kami langsung tidur.

Hari ke - 3
13 Nov 2019

Hari ketiga, kami bangun jam 04:19. Lalu sholat subuh jam 05:00 pagi, dilanjutkan refleksi bersama mentor2 ,kemudian pulang ke rumah masing - masing.  Ini hari yang agak biasa
 kita bantuin Ibu Itin ( istrinya Pak Jaka) masak dan nanyain banyak pertanyaan .

Jam 08:00 pagi kami bantuin Pak Jaka membuat adonan banros lalu kami mengkuti Pak Jaka berjualan banros. Ini pengalaman pertama saya membuat banros, Makanan seperti banros ini pernah saya beli di pasar dekat rumah,  tetapi biasanya makanan ini dinamakan "kue pancong" dan biasanya dicocolkan pada gula pasir, sedangkan banros yang saya buat di Desa Sukajadi rasanya asin dan dimakan dengan saus sambal.

Jam 13:30 kami main bola, anak oase VS anak kampung. Tak hanya yang laki - laki yang main bola tetapi perempuannya sempat main juga. Tim anak oase perempuan menang!

Setelah bermain bola kami tim Azalea dan tim Matahari pergi ke rumah Orchid untuk main kartu uno.
kami juga sholat magrib di masjid, diajak oleh anak - anak kampungnya, setelahnya kami refleksi lalu tidur.

Hari ke - 4
14 Nov 2019

Hari keempat kami bangun jam 04:25 lalu refleksi, setelahnya kami sarapan.
Beberapa jam kemudian, kami pergi ke pabrik sotong dan diajarin cara membuat sotong.

Tetapi waktu kami datang adonan sotongnya sudah dibikin jadi kami hanya tinggal menggulung dan menggorengnya.
Jam 09:40 kami belajar cara membuat angklung dan cara bermainnya.  Main angklungnya sangat seru . suara angklungnya membuat saya tenang ~

Lalu kami juga menangkap ikan di kolam. kami jatuh beberapa kali tapi tetap aja seru!

Setelah giliran perempuannya, dilanjutkan sama giliran laki-lakinya. Semuanya baik - baik saja tapi tiba - tiba hujan mulai turun sangaat deras. Kami perempuan jadi panik dan buru - buru melarikan diri ingin berlindung di kamar mandi.Tetapi  ketika kami hendak membuka pintu kamar mandi atapnya terbang kena angin yang sangat kencang!

Setelah itu kami ingin ke rumah mentor tetapi kami hanya mengeluarkan tas ransel di rumah, dan kami bersembunyi di kamar sebelah rumah mentor. Kami panik! Anginya sangaaat kencang, aku hampir nangis, tiba - tiba kami melihat laki - laki malah main hujan - hujanan dan tidak panik sama sekali.   Jadi kami ikutan main hujan - hujanan, kami melempar bola - bola lumpur, main sepak bola, aku jarang - jarang melihat hujan, jadi ini membuatku sangat senang.

Malamnya kami makan sate kambing dan ada api unggun yang membuatku sangat senang, gak tau kenapa tapi api unggun itu membuatku senang dan tenang.

Semua kelompok eksplorasi disuruh untuk melakukan performance di depan orang - orang kampungny. Kelompok saya itu adalah kelompok "Orchid", kami performancenya itu nyanyi. Dan kami sangat canggung ! Lagu yang kami pilih itu adalah lagu Steven Universe "Love Like you" tapi diterjemahkan jadi Bahasa Indonesia, dan aku harus jujur.. kita bikin lagunya agak jelek tapi gak
 apa - apa deh....

Hari ke - 5
15 Nov 2019

15 Nov 2019 Ini hari terakhir kami di Desa Sukajadi, Kami berfoto bersama keluarga inangnya Orchid. Ada Pak Jaka, Ibu Itin, Teteh Ririn , dan Ninik.

Kita jualan banros bersama Pak Jaka, gotong royong bersama Ibu Itin, foto - foto bersama Teh Ririn, dan nonton sintetron bersama Ninik. Mereka semua sangat baik dan ramah , makanan yang dimasak di rumah inang mereka seperti masakan di rumahku. Mereka mengajari saya untuk membantu ibu saya dengan pekerjaan rumah lebih sering, dan mencuci piringku sendiri.

Saatnya kami pulang. Kami naik bus ke Jakarta selama 7 jam. Perjalanannya tidak membosankan sama sekali, kami  tidak hanya tidur tetapi kami main kartu uno, werewolves, nyanyi
 dan gombal dan itu berlangsung sepanjang perjalanan, agak bosan tapi gak apa - apa deh.
Kami juga diberi sotong oleh kakak mentor sebagai oleh - oleh.

7 hours later....

Kami sudah sampai di Jakarta, saat busnya berhenti kami melihat keluarga kami masing -masing  sudah menunggu kita di depan busnya. Sebelum kami berangkat pulang kita berkumpul sebentar bersama kakak mentornya, kami berdoa, lalu kami salam tangan mentor - mentor.

Ini perjalanan Eksplorasi pertamaku dan saya sangat bangga. Saya ucapkan terimakasih kepada mentor - mentoe yang sangat sabar denganku sepanjang perjalanan ini, thank you!
Sampai jumpa di perjalanan selanjutnya..